Sabtu, 06 Maret 2010

# Teknik Kepemimpinan Seorang Pemimpin

Seorang pemimpin adalah pribadi yang memiliki kecakapan / keahlian tertentu, atau beberapa bidang, dan sebagai pemimpin dapat mempengaruhi orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu untuk mencapai satu tujuan atau beberapa tujuan. Pada masa modern seperti sekarang ini orang menuntut seorang pemimpin dengan karakteristik pribadi dan individual yang baik, dan efisien. Sebagai pemimpin, selain memperlihatkan kewibawaan, dan kelebihannya, juga harus memperhatikan bawahannya / anggota organisasinya.
Efisiensi kepemimpinan tidak hanya diukur dengan kriteria teknis saja, tetapi juga kriteria mental, kesejahteraan, dan manusiawi. Oleh karena itu teknis kepemimpinan adalah kemanusiaan, efisiensi, dan kesejahteraan yang baik. Dalam teknik kepemimpinan perlu diperhatikan masalah ; etika profesi pemimpin, komunikasi, dan pengambilan keputusan.
 
Yang termasuk kategori dari teknik kepemimpinan antara lain :

1.Etika Profesi Pemimpin

Seorang pemimpin dituntut untuk bertanggung jawab secara moral, berdasarkan otonomi, dan menuntut dirinya agar selalu bersikap kritis, dan realistis.

2.Komunikasi

Merupakan arus informasi dan emosi yang terdapat dalam masyarakat baik yang berlangsung secara vertikal, maupun horisontal. Teknik Komunikasi, meliputi ; manfaat komunikasi, arah komunikasi, kebijakan, persyaratan, dan bentuk komunikasi.

3.Pengambilan Keputusan

Seorang pemimpin dituntut untuk mengambil keputusan segera. Agar seorang pemimpin berhasil dalam memimpin bawahannya, pemimpin harus tahu cara memimpin bawahan dengan teknik-teknik memimpin yang baik, yaitu ; memberikan perintah, memberikan teguran, memberikan pujian / penghargaan, memelihara sikap yang baik, menerima saran dari bawahan dan memperkuat rasa persatuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar