Kamis, 11 Maret 2010

# " Batik Gumelem " Banjarnegara




Jawa tengah merupakan propinsi penghasil batik utama di Indonesia, disamping di Yogyakarta. Di Jawa tengah pusat batik terdapat di Solo dan Pekalongan. Namun sebenarnya masih banyak daerah-daerah lain di Jawa Tengah yang terdapat sentra Industri Kerajinan Batik dengan ciri khasnya masing-masing.

Salah satunya adalah Kabupaten Banjarnegara yang secara umum produk batik yang dihasilkan identik dengan batik Banyumasan. Kerajinan Batik di banjarnegara terdapat di Desa Gumelem Kulon, Gumelem Wetan, serta Panerusan Wetan, Kecamatan Susukan, karena berpusat di Desa Gumelem maka lebih dikenal dengan Batik Gumelem.
Kerajinan Batik Gumelem berawal dari berdirinya tanah perdikan Gumelem yang kemudian menjadi Kademangan Gumelem pada tahun 1573. Miniatur kehidupan istana seperti pranata, trapsila, busana, dan tata praja di wilayah pedesaan secara baik ditemukan pada ragam kehidupan di Kademangan Gumelem. Layaknya wilayah perdikan, kademangan Gumelem mengatur wilayahnya sendiri. Tukang Batik adalah salah satu dari satuan kerja teknis yang bertugas membuat kain batik bagi keperluan busana keluarga, kerabat dan santana dalem kademangan. Sentra Batik Gumelem terdapat di Dukuh Dagaran dan Karangpace (Gumelem Wetan), dukuh Ketandan, Beji, dan Kauman (Gumelem Kulon).

Jumlah pengrajin Batik Gumelem saat ini sejumlah 55 orang tyang tersebar di tiga desa, yaitu 20 orang di Desa Gumelem Wetan, 24 orang di Desa Gumelem Kulon, dan 11 orang di Desa Panerusan Wetan.

Corak batik Gumelem tidak lepas dari nuansa keratin dengan warna khasnya hitam, coklat, kuning/ putih, sehingga terkesan konservatif dan sangat spesifik. Namun demikian dengan munculnya pengrajin muda, maka corak Batik Gumelem saat ini telah mengalami banyak kemajuan. Secara umum corak dan warna Batik Gumelem dibedakan dalam dua golongan yaitu :

Corak Batik Klasik
Didominasi warna hitam, coklat tua dan putih/kuning, dengan variasi corak antara lain :

Pring Ndapur
Gajah Ngguling
Kali Serayu
Udan Riris
Jahe Serimpang
Sida Mukti
Sekar Kuning
Gabah Wutah
Blaburan
Grinting
Buritan Galaran
Buntelan
Sido Luhur
Ukir Udar
Parang Angkuk
Parang Angkuk Siling
Kopi Pecah

Corak Batik Kontemporer
Didomiansi warna masa kini seperti ; merah, biru, hijau, dan warna-warna lain sesuai keinginan, dengan variasi corak antara lain :

Sawung Alit
Lumbu Pari
Kawung Ceplokan
Kantil Rinonce
Sekar Tirta
Pilih Tanding
Salak Rojo
Sekar Kinasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar